KH. Ma’ruf Amin Berharap Mahasiswa Baru Ikuti Jejak Habibie “Berotak Jerman, Berhati Mekkah”

0
31

JAKARTA, dibalikparlemen.com – Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin berharap seluruh mahasiswa baru yang masuk universitas dapat mewujudkan semangat nasionalise, di samping semangat berkompetisi. Seperti semboyan alm. BJ Habibie, ‘Berotak Jerman, Berhati Mekkah’.

Hal tersebut disampaikan Ma’ruf saat memberi sambutan dalam pengukuhan mahasiswa baru dan guru besar Universitas Negeri Surabaya tahun akademik 2020/2021 secara daring, Senin (7/9/2020).

“Saya berharap Anda semua dapat mewujudkan semangat nasionalisme sehingga sekalipun memiliki keunggulan kompetitif secara global, kita selayaknya tetap berpijak pada ideologi dan kearifan lokal,” tegas Ma’ruf Amin.

Menurut Ma’ruf Amin cerita Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie yang selalu dijuluki “otak Jerman tapi berhati Mekkah”. Ma’ruf mengatakan, julukan tersebut mengandung arti bahwa otak atau kemampuan bisa melanglangbuana dan bersaing di era global, tapi hati dan jati diri tetap harus sesuai identitas dan akhlak sebagai orang Indonesia.

Dengan demikian, ia pun menginginkan para mahasiswa sebagai generasi penerus dapat meneladani hal tersebut demi keberlangsungan Indonesia ke depannya.
“Nasionalisme penting untuk kita pahami bersama karena Indonesia adalah bangsa majemuk, yang terdiri dari berbagai suku, agama dan ras. Para pendiri negara bersepakat mendirikan negara yang mengakomodasi dan menjamin kemajemukan tersebut,” tutur mantan rais Aam PBNU itu.

Selain itu Pengasuh Pesantren Nawawi Al-Bantany, Tanara, Serang, Banten itu meminta seluruh mahasiswa menjadi agen perubahan sebagai kelompok elite dalam struktur masyarakat Indonesia. Agen perubahan itu adalah salah satunya adalah dengan konsisten menyuarakan nilai-nilai nasionalisme, cinta tanah air, patriotisme, dan toleransi. “Masa depan negara ini, seluruhnya berada di pundak kalian,” pungkas Ma’ruf Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here