Menaker Libatkan Pekerja Korban PHK, Lakukan Penyemprotan Disinfektan.

0
43

JAKARTA, dibalikparlemen.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah melibatkan para pekerja/karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dalam penyemprotan desinfektan di perusahaan. Pelibatan pekerja ter-PHK yang didampingi tenaga profesional, diharapkan banyak diikuti oleh banyak pihak khususnya dunia usaha (industri).

“Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk motivasi untuk memberdayakan teman-teman ter-PHK dengan berbagai cara. Kita berharap banyak pihak bisa melakukan hal yang sama bagi pekerja yang terdampak Covid-19,” kata Menaker Ida usai menyaksikan penyemprotan yang dilakukan pekerja ter-PHK di Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020).

Kegiatan penyemprotan desinfektan Covid-19 di area kerja perusahaan ini dilakukan juga di kawasan Industri Pulo Gadung dan Kawasan Industri Marunda. Para pekerja ter-PHK diberdayakan agar mereka mendapat tambahan penghasilan dari insentif yang diberikan dalam program padat karya.

Kemnaker melakukan modifikasi beberapa program di Kemnaker, salah satunya program padat karya yang diarahkan bagi pekerja korban PHK dan para pekerja yang terdampak Covid-19. Modifikasi disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi masyarakat setempat atau yang dikenal dengan istilah pengembangan padat karya berbasis sumber daya lokal.

Selama penyemprotan di perusahaan, para pekerja korban PHK tersebut, lanjut Ida Fauziyah, akan memperoleh insentif dari program padat karya. “Kami beri insentif untuk melakukan penyemprotan. Sebelum menyemprot mereka dilatih dulu, dilengkapi APD (Alat Pelindung Diri) dan didampingi oleh instruktur profesional, ” katanya. (MTD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here